Selasa, 25 April 2017

Praktik Kerja Industri (PKL) Laporan

LEMBARAN PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan ini telah diperiksa dan Disahkan
Pada Tanggal.....................Bulan........................Tahun............

Pembimbing Sekolah


.........................................


Mengetahui :
Kepala SMK...................

...................................................
NIP. ......................................


LEMBARAN PENGESAHAN
DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI (DU/DI)

Laporan ini telah diperiksa dan disahkan
Pada Tanggal.....................Bulan........................Tahun..............


Pembimbing DU/DI


.....................................................
NIP...........................................



Mengetahui :
Pimpinan CV. Quincy Jaya

......................................................NIP. ...........................................


KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb. 
Alhamdulillahirobbil ‘alamin segala puji hanya milik Allah SWT. Atas segala nikmat,rahmat dan karunia-Nya yang tak terhingga sehingga penulis dapat menyelesaikann laporan hasil kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilaksanakan di ..................... dari tanggal ............... sampai dengan ...................
            Laporan ini dibuat sebagai salah satu bentuk tanggung jawab penulis setelah melaksanakan kegiatan prakerin yang merupakan tuntutan dari kurikulum sekolah seakaligus sebagai salah satu syarat untuk mengikuti uji kompetensi di SMK................. pada tahun pelajaran ...............
            Sehubungan dengan terlaksanannya kegiatan prakerin ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan semua pihak secara normal maupun materil,karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      .......................................Selaku Kepala Sekolah SMK ..................
2.      .......................................Selaku Pembimbing Sekolah
3.      .........................................................................Selaku Kepala Dinas / Perusahaan................
4.      .......................................Selaku Pembimbing DU/DI
5.      Kepada orang tua tercinta yang selalu memberikan motivasi dan petuah selama kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin), dan
6.      Semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan ini

Tiada gading yang tak retak andaipun retak juga anggap sebagai ukiiran,begitupun dengan makalah ini, yang jauh dari sempurnna karena masih banyak kekurangan. Untuk itu melalui kata pengatar ini penulis sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun sehingga secara bertahap penulis dapat memperbaiki. 
Akhirul kata semoga laporan ini dapat memberikan manfaat sebagai gambaran dalam penyusunan laporan hasil Praktik Kerja Industri buat adik-adik tingakat SMK khususnya SMK ...................
Cirebon,  ..................
                     Penulis
                                                                                                
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH.................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI)...................... ii
KATA PENGANTAR............................................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................................ iv
IDENTITAS SISWA............................................................................................................... vi
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI.......................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang/Pengertian Praktik Kerja Industri (Prakerin).................................... 1
1.2 Tujuan........................................................................................................................ 2
1.3 Manfaat Bagi Siswa Dan DU / DI............................................................................. 2
BAB II SEJARAH CV. QUINCY JAYA
2.1 Sejarah Kantor CV. Quincy Jaya................................................................................... 3
2.2 Visi Dan Misi............................................................................................................. 3
2.3 Struktur Organisasi.................................................................................................... 6
BAB III URAIAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA DI CV. QUINCY JAYA
3.1 Agenda Harian........................................................................................................... 7
3.2 Agenda Berkala........................................................................................................ 14
3.3 Program Pendidikan Dan Pelatihan DU/DI ................................ 17
BAB IV PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
4.1 Teori.......................................................................................................................... 20
4.2 Hasil Pelaksnaan Kegiatan Prakerin.......................................................................... 12

BAB V PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................................... 23
4.2 Saran......................................................................................................................... 23
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................. 24
LAMPIRAN-LAMPIRAN JAM KERJA............................................................................... 25
DAFTAR HADIR................................................................................................................... 26
LAMPIRAN............................................................................................................................ 28


IDENTITAS SISWA

1.      Nama Siswa                                        : 
2.      Tempat/Tanggal Lahir                        :  
3.      Jenis Kelamin                                      
4.      Golongan Darah                                  :
5.      Nomor Induk Siswa                            : 
6.      Sekolah                                               
7.      Alamat Sekolah                                   :
8.      Nomor Telepon Sekolah                     : 
9.      Nomor Telepon Siswa                         
10.  Nama Orang Tua/Wali                        
11.  Alamat OrangTua/Wali                       : 
12.  Nomor Telepon Orang Tua/Wali         





            
             3x4
 
Cirebon, .....................
Siswa


                                                                                                      ...............................



IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI

1.    Nama Dunia Usaha/Dunia Industri            : 
2.    Jenis Usaha                                                 : 
3.    Alamat Dunia Usaha/Dunia Industri         : 
4.    Nomor Telepon / Faximile                          
5.    Nama Pimpinan/Kepala                              : 
6.    Nama Pembimbing Dunia Usaha               :                 
7.    Nama Pembimbing Sekolah                       : 
8.    Bagian / Divisi  / Lokasi                             : 


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.  Latar Belakang/Pengertian Praktik Kerja Industri (Prakerin)
           Sekolah Menengah Kejuruan sebagaisalah satu sistem Pendidikan Nasional, memiliki kedudukan yang sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga terampil untuk menunjang sistem Pendidikan Nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Industri, melalui pendekatan kebijakan “link and match” yaitu penyelenggaraan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin).
           Pada dasarnya Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang mengintegrasikan secara tersistem, antara pihak sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri. Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan standar nilai sekolah dan dunia kerja serta sekaligus pendekatan supply dan demand ketenaga kerjaan.
           Landasan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) sekolah Menengah Kejuruan (SMK) didasarkan atas arahan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993 dan ketentuan dalam Undang-undang No 2 tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan-peraturan pendukungnya antara lain :
1.      Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)
Meningkatkan kualitas tenaga kerja merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat serta badan usaha yang memakai tenaga kerja.
2.      UU SPN No. 2 Tahun 1989
Penyelenggaraan pendidikan pelaksanaaan dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolahan dan jalur pendidikan luar sekolah.
3.      PP No. 39 Bab III pasal 4 butir (3)
Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan nasional dapat berbentuk pemberian kesempatan magang dan atau latihan kerja.
4.      Kap. Mendikbud No. 4990/U/1992 pasal 33 butir (6)
Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan Dunia Usaha yang diusahakan dengan azas saling menguntungkan. Kerjasama antara SMK dan Dunia Usaha antara lain melalui Praktik Kerja Industri/magang.



1.2.  Tujuan
Tujuan diadakannya Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut :
A. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan
     memperolemasukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan
     kesesuaian pendidikadan kenyataan yang ada di lapangan.
B. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang profesional dalam
     lapangan kerja.                                                                            
C. Untuk mencapai visi dan misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) .................
D. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk
     Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri.

1.3.  Manfaat
Manfaat Bagi Siswa
  Adapun manfaat dari Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut :
A. Dapat mengenali suatu pekerjaan di Dunia Usaha/Industri, sehingga kelak ketika terjun di
     lapangan tidak merasa asing dengan pekerjaan tersebut.
B. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam Dunia Usaha yang profesional
     dan handal
C. Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki
     tingkat pengetahuan, ketermpilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
     pekerjaan.
Manfaat Bagi DU/DI
A. Bagi perusahaaan/Industri/instansi pasangan akan mengenal kualitas lulusan SMK secara
     luas dan mendalam, sehingga mempermudah dalam mencari calon karyawan sendini
     mungkin.
B. Memberikan kesempatan para pegawainya untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya
     dengan berbagai ilmu kepada peserta prakerin.


BAB II
SEJARAH CV. QUINCY JAYA


2.1 Sejarah CV. Quincy Jaya








    2.2 Visi Dan Misi CV. Quincy Jaya

    Ø   Visi

    Ø  Misi

     

     





















    2.3 Struktur Organisasi

































    BAB III
    URAIAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA
    DI 
    CV. QUINCY JAYA

    3.1 AGENDA HARIAN
    Nama                           : 
    Nomor Induk Siswa    : 
    Kompetensi Keahlian  : 
    Tempat Praktek           : 


    NO
    HARI/TGL
    URAIAN SINGKAT MENGENAI PENGALAMAN PEKERJAAN YANG DILAKUKAN
    PEMBIMBING
    NAMA
    PARAF

















      4





























































































































































































































































      





















































































    Pembimbing DU / DI


    ............................................
    .......................................
     

    Pembimbing Sekolah


    .......................................
     
         Weru, 25 Februari 2017
























    3.2 AGENDA BERKALA

    Nama                           : 
    Nomor Induk Siswa    : 
    Kompetensi Keahlian  :  
    Tempat Praktek           :      

    No
    Minggu Ke :
    Divisi/Tempat Kegiatan
    Jenis Pekerjaan
    Waktu
    Paraf
    Ket
    Pembimbing DU/DI
    Siswa


















      

























































    Pembimbing DU / DI


    .......................................
    NIP...............................
     
    Pembimbing Sekolah


    ...................................
     
    Weru, 25 Februari 2017














    3.3 PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI DU/DI 

    PROGRAM KEAHLIAN (JURUSAN)
    KOPETENSI KEAHLIAN DI CV. QUINCY JAYA

      NO.
    KOMPETISI
    WAKTU ( JAM )
    BULAN I
    BULAN II
    BULAN III
    PARAF
    NILAI
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    SISWA
    DU/DI
    ANGKA
    HURUF







     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     


































































      













































































































































































































































































































































    LAPORAN KEGIATAN
    PRAKTIK KERJA




















    TOTAL JAM KERJA






















    Pembimbing DU / DI


    ......................................
    NIP....................................
     
    Cirebon, 25 Februari 2017






    BAB IV
    PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )
    4.1 Teori







    4.2 Hasil Pelaksanaan Kegiatan Prakerin

    ·         Alat- alat

    ·         Prosedur Kerja



    BAB V
    PENUTUP


    5.1 .Kesimpulan
                       Kegiatan prakerin berarti kegiatan berinteraksi antara siswa, pihak sekolah dan masyarakat. Yang penulis rasakan selama melaksanakan prakerin di ............. tidaklah mudah berinteraksi dan bersosialisasi dalam waktu yang singkat, karena ada banyak hal yang harus dilakukan agar semua pihak dapat menerima kehadiran kita sebagai siswa prakerin dan memiliki kesan yang baik terhadap apa yang kita kerjakan.
                       Dari pengalaman prakerin yang dilaksanakan selama 2 bulan penulis cukup banyak mendapatkan informasi dan pengalaman kerja, khususnya mengenai sikap dan etos kerja selama magang disana sehingga dapat menambah wawasan keilmuan penulis dalam bidang pengetahuan dan keterampilan yang penulis geluti.

    5.2. Saran
                Kami menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun kami akan mencoba memberi saran yang mungkin bisa dijadikan evaluasi kedepannya. Adapun saran tersebut antara lain adalah :
    1.      Dengan adanya kegiatan praktik kerja industri ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara SMK ................ dengan perusahaan atau pembimbing di tempat pelaksanaan praktik.
    2.      Bagi Dunia Usaha/Industri, dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melakukan praktik kerja industri hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
    3.      Bagi pegawai, dapat memperkenalkan jenis pekerjaan atau aplikasi-aplikasi apa saja yang digunakan oleh perusahaan agar siswa yang prakerin dapat memahaminya.
    4.      Bagi guru pembimbing, agar selalu memberikan motivasi dan bimbingan/arahan yang memaksimal kepada siswa prakerin.
    5.      Bagi siswa, agar menyiapkan mental sebelum prakerin, disiplin pada saat prakerin serta mampu memanfaatkan peluang untuk mendapatkan nilai terbaik dari hasil prakerin.

    DAFTAR PUSTAKA

    http://riaagustina200.blogspot.co.id/2012/04/tuga-tugas-resepsionis.html http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/
    http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/visi-dan-misi
    http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/sejarah


    LAMPIRAN-LAMPIRAN
    JAM KERJA
    HARI
    JAM MASUK
    JAM ISTIRAHAT
    JAM PULANG
    Shift 1
    Shift 2
    Shift 1
    Shift 2
    Shift 1
    Shift 2
    Senin






    Selasa 






    Rabu 






    Kamis 





    Jum’at





    Sabtu 






    Minggu








    DAFTAR HADIR
    Nama                           : 
    Nomor Induk Siswa    : 
    Kompetensi Keahlian  : 
    Tempat Praktek           : 

    No
    Hari, Tanggal
    Datang
    Pulang
    Keterangan
    Jam
    Paraf
    Jam
    Paraf
































































































































































































































































     Cirebon, .................2017
    Pembimbing DU/DI





    .....................................
    NIP......................................

     











                                                                                            






    LAMPIRAN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar