LEMBARAN PENGESAHAN SEKOLAH
Laporan ini telah diperiksa dan Disahkan
Pada Tanggal.....................Bulan........................Tahun............
Pembimbing Sekolah
.........................................
Mengetahui :
Kepala SMK...................
...................................................
NIP. ......................................
NIP. ......................................
LEMBARAN PENGESAHAN
DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI (DU/DI)
Laporan ini telah diperiksa dan disahkan
Pada Tanggal.....................Bulan........................Tahun..............
Pembimbing DU/DI
.....................................................
NIP...........................................
NIP...........................................
Mengetahui :
Pimpinan CV. Quincy Jaya
......................................................NIP. ...........................................
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillahirobbil ‘alamin segala puji hanya milik Allah SWT. Atas segala nikmat,rahmat dan karunia-Nya yang tak terhingga sehingga penulis dapat menyelesaikann laporan hasil kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang dilaksanakan di ..................... dari tanggal ............... sampai dengan ...................
Laporan ini dibuat sebagai salah satu bentuk tanggung jawab penulis setelah melaksanakan kegiatan prakerin yang merupakan tuntutan dari kurikulum sekolah seakaligus sebagai salah satu syarat untuk mengikuti uji kompetensi di SMK................. pada tahun pelajaran ...............
Sehubungan dengan terlaksanannya kegiatan prakerin ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan semua pihak secara normal maupun materil,karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. .......................................Selaku Kepala Sekolah SMK ..................
2. .......................................Selaku Pembimbing Sekolah
3. .........................................................................Selaku Kepala Dinas / Perusahaan................
4. .......................................Selaku Pembimbing DU/DI
5. Kepada orang tua tercinta yang selalu memberikan motivasi dan petuah selama kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin), dan
6. Semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan ini
Tiada gading yang tak retak andaipun retak juga anggap sebagai ukiiran,begitupun dengan makalah ini, yang jauh dari sempurnna karena masih banyak kekurangan. Untuk itu melalui kata pengatar ini penulis sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun sehingga secara bertahap penulis dapat memperbaiki.
Akhirul kata semoga laporan ini dapat memberikan manfaat sebagai gambaran dalam penyusunan laporan hasil Praktik Kerja Industri buat adik-adik tingakat SMK khususnya SMK ...................
Cirebon, ..................
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH.................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI (DU/DI)...................... ii
KATA PENGANTAR............................................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................................ iv
IDENTITAS SISWA............................................................................................................... vi
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI.......................................................... vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang/Pengertian Praktik Kerja Industri (Prakerin).................................... 1
1.2 Tujuan........................................................................................................................ 2
1.3 Manfaat Bagi Siswa Dan DU / DI............................................................................. 2
BAB II SEJARAH CV. QUINCY JAYA
2.1 Sejarah Kantor CV. Quincy Jaya................................................................................... 3
2.2 Visi Dan Misi............................................................................................................. 3
2.3 Struktur Organisasi.................................................................................................... 6
BAB III URAIAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA DI CV. QUINCY JAYA
3.1 Agenda Harian........................................................................................................... 7
3.2 Agenda Berkala........................................................................................................ 14
3.3 Program Pendidikan Dan Pelatihan DU/DI ................................ 17
BAB IV PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
4.1 Teori.......................................................................................................................... 20
4.2 Hasil Pelaksnaan Kegiatan Prakerin.......................................................................... 12
BAB V PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................................... 23
4.2 Saran......................................................................................................................... 23
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................. 24
LAMPIRAN-LAMPIRAN JAM KERJA............................................................................... 25
DAFTAR HADIR................................................................................................................... 26
LAMPIRAN............................................................................................................................ 28
IDENTITAS SISWA
1. Nama Siswa :
2. Tempat/Tanggal Lahir :
3. Jenis Kelamin :
4. Golongan Darah :
5. Nomor Induk Siswa :
6. Sekolah :
7. Alamat Sekolah :
8. Nomor Telepon Sekolah :
9. Nomor Telepon Siswa :
10. Nama Orang Tua/Wali :
11. Alamat OrangTua/Wali :
12. Nomor Telepon Orang Tua/Wali :
|
Cirebon, .....................
Siswa
...............................
IDENTITAS DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI
1. Nama Dunia Usaha/Dunia Industri :
2. Jenis Usaha :
3. Alamat Dunia Usaha/Dunia Industri :
4. Nomor Telepon / Faximile :
5. Nama Pimpinan/Kepala :
6. Nama Pembimbing Dunia Usaha :
7. Nama Pembimbing Sekolah :
8. Bagian / Divisi / Lokasi :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang/Pengertian Praktik Kerja Industri (Prakerin)
Sekolah Menengah Kejuruan sebagaisalah satu sistem Pendidikan Nasional, memiliki kedudukan yang sangat penting dalam fungsi menyiapkan tenaga terampil untuk menunjang sistem Pendidikan Nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Industri, melalui pendekatan kebijakan “link and match” yaitu penyelenggaraan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin).
Pada dasarnya Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang mengintegrasikan secara tersistem, antara pihak sekolah dengan Dunia Usaha/Dunia Industri. Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan standar nilai sekolah dan dunia kerja serta sekaligus pendekatan supply dan demand ketenaga kerjaan.
Landasan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) sekolah Menengah Kejuruan (SMK) didasarkan atas arahan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993 dan ketentuan dalam Undang-undang No 2 tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional serta peraturan-peraturan pendukungnya antara lain :
1. Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)
Meningkatkan kualitas tenaga kerja merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat serta badan usaha yang memakai tenaga kerja.
2. UU SPN No. 2 Tahun 1989
Penyelenggaraan pendidikan pelaksanaaan dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolahan dan jalur pendidikan luar sekolah.
3. PP No. 39 Bab III pasal 4 butir (3)
Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan nasional dapat berbentuk pemberian kesempatan magang dan atau latihan kerja.
4. Kap. Mendikbud No. 4990/U/1992 pasal 33 butir (6)
Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan Dunia Usaha yang diusahakan dengan azas saling menguntungkan. Kerjasama antara SMK dan Dunia Usaha antara lain melalui Praktik Kerja Industri/magang.
1.2. Tujuan
Tujuan diadakannya Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut :
A. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan
memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan
kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
B. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang profesional dalam
lapangan kerja.
C. Untuk mencapai visi dan misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) .................
D. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk
Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri.
1.3. Manfaat
Manfaat Bagi Siswa
Adapun manfaat dari Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai berikut :
A. Dapat mengenali suatu pekerjaan di Dunia Usaha/Industri, sehingga kelak ketika terjun di
lapangan tidak merasa asing dengan pekerjaan tersebut.
B. Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam Dunia Usaha yang profesional
dan handal
C. Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki
tingkat pengetahuan, ketermpilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan.
Manfaat Bagi DU/DI
A. Bagi perusahaaan/Industri/instansi pasangan akan mengenal kualitas lulusan SMK secara
luas dan mendalam, sehingga mempermudah dalam mencari calon karyawan sendini
mungkin.
B. Memberikan kesempatan para pegawainya untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya
dengan berbagai ilmu kepada peserta prakerin.
BAB II
SEJARAH CV. QUINCY JAYA
2.1 Sejarah CV. Quincy Jaya
2.2 Visi Dan Misi CV. Quincy Jaya
Ø Visi
|
Ø Misi
|
2.3 Struktur Organisasi
BAB III
URAIAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA
DI CV. QUINCY JAYA
DI CV. QUINCY JAYA
3.1 AGENDA HARIAN
Nama :
Nomor Induk Siswa :
Kompetensi Keahlian :
Tempat Praktek :
NO
|
HARI/TGL
|
URAIAN SINGKAT MENGENAI PENGALAMAN PEKERJAAN YANG DILAKUKAN
|
PEMBIMBING
| |
NAMA
|
PARAF
| |||
4
| ||||
|
|
Weru, 25 Februari 2017
3.2 AGENDA BERKALA
Nama :
Nomor Induk Siswa :
Kompetensi Keahlian :
Tempat Praktek :
No
|
Minggu Ke :
|
Divisi/Tempat Kegiatan
|
Jenis Pekerjaan
|
Waktu
|
Paraf
|
Ket
| |
Pembimbing DU/DI
|
Siswa
| ||||||
|
|
Weru, 25 Februari 2017
3.3 PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI DU/DI
PROGRAM KEAHLIAN (JURUSAN)
KOPETENSI KEAHLIAN DI CV. QUINCY JAYA
NO.
|
KOMPETISI
|
WAKTU ( JAM )
|
BULAN I
|
BULAN II
|
BULAN III
|
PARAF
|
NILAI
| |||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
SISWA
|
DU/DI
|
ANGKA
|
HURUF
| |||
√
| ||||||||||||||||||||
√
|
√
|
√
|
√
| |||||||||||||||||
√
| ||||||||||||||||||||
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA
| ||||||||||||||||||||
TOTAL JAM KERJA
|
|
Cirebon, 25 Februari 2017
BAB IV
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )
4.1 Teori
4.2 Hasil Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
· Alat- alat
· Prosedur Kerja
BAB V
PENUTUP
5.1 .Kesimpulan
Kegiatan prakerin berarti kegiatan berinteraksi antara siswa, pihak sekolah dan masyarakat. Yang penulis rasakan selama melaksanakan prakerin di ............. tidaklah mudah berinteraksi dan bersosialisasi dalam waktu yang singkat, karena ada banyak hal yang harus dilakukan agar semua pihak dapat menerima kehadiran kita sebagai siswa prakerin dan memiliki kesan yang baik terhadap apa yang kita kerjakan.
Dari pengalaman prakerin yang dilaksanakan selama 2 bulan penulis cukup banyak mendapatkan informasi dan pengalaman kerja, khususnya mengenai sikap dan etos kerja selama magang disana sehingga dapat menambah wawasan keilmuan penulis dalam bidang pengetahuan dan keterampilan yang penulis geluti.
5.2. Saran
Kami menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun kami akan mencoba memberi saran yang mungkin bisa dijadikan evaluasi kedepannya. Adapun saran tersebut antara lain adalah :
1. Dengan adanya kegiatan praktik kerja industri ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara SMK ................ dengan perusahaan atau pembimbing di tempat pelaksanaan praktik.
2. Bagi Dunia Usaha/Industri, dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melakukan praktik kerja industri hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
3. Bagi pegawai, dapat memperkenalkan jenis pekerjaan atau aplikasi-aplikasi apa saja yang digunakan oleh perusahaan agar siswa yang prakerin dapat memahaminya.
4. Bagi guru pembimbing, agar selalu memberikan motivasi dan bimbingan/arahan yang memaksimal kepada siswa prakerin.
5. Bagi siswa, agar menyiapkan mental sebelum prakerin, disiplin pada saat prakerin serta mampu memanfaatkan peluang untuk mendapatkan nilai terbaik dari hasil prakerin.
DAFTAR PUSTAKA
http://riaagustina200.blogspot.co.id/2012/04/tuga-tugas-resepsionis.html http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/
http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/visi-dan-misi
http://disbudparpora.cirebonkab.go.id/sejarah
LAMPIRAN-LAMPIRAN
JAM KERJA
JAM KERJA
HARI
|
JAM MASUK
|
JAM ISTIRAHAT
|
JAM PULANG
| |||
Shift 1
|
Shift 2
|
Shift 1
|
Shift 2
|
Shift 1
|
Shift 2
| |
Senin
| ||||||
Selasa
| ||||||
Rabu
| ||||||
Kamis
| ||||||
Jum’at
| ||||||
Sabtu
| ||||||
Minggu
|
DAFTAR HADIR
Nama :
Nomor Induk Siswa :
Kompetensi Keahlian :
Tempat Praktek :
No
|
Hari, Tanggal
|
Datang
|
Pulang
|
Keterangan
| ||
Jam
|
Paraf
|
Jam
|
Paraf
| |||
Cirebon, .................2017
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar